WELCOME TO MY LIFE

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA,SEMOGA ANDA TEMUKAN YANG ANDA CARI,SAYA TIDAK BERMAKSUD MENGGURUI, MENUNTUN ATAU MERUBAH.. HNY INGIN BERBAGI, MENGGORES WARNA, MENGHAPUS LUKA..

19 Jul 2012

NAMA BAPTIS ORANG MAUPONGGO


Nama keluarga menentukan asal usul seorang. Nama belakang orang Flores berbeda dan menjadi penunjuk jelas daerah asal penyandang nama tersebut. Sebagaimana nama Rangga di pesisir selatan Nagekeo sebelah timur Wodo Wata sampai Nagaroro, orang sebelah barat Wodo Wata memiliki nama Raga atau Aga.  Atau nama Tolo di sebelah timur Wodo Wata di sebelah barat akan menjadi Toyo. Ada Ame Soo dan Ame Co’o ada Embu dan Ebu, Kedi dan Keli, Dengi dan Lengi , Ndiwa dan Diwa dan banyak nama lain lagi.

Orang Indian  di Amerika memberi nama anak sesuai apa yang pertama kali nampak ketika sang ayah keluar rumah pada saat anak dilahirkan. Ketika ada asap yang kelihatan maka nama anaknya Api Berasap, yang hampir mirip dengan budaya Batak di Indonesia. Sebaliknya orang Jawa nama menjadi begitu panjang semacam kalimat doa dan harapan akan masa depan anaknya.

Bagaimana dengan orang Nagekeo memberi nama pada anak-anak mereka? Nama orang Nagekeo selalu merupakan penghormatan dan kasih akan seorang yang telah meninggal. Kalau saudara ibu ada yang sudah meninggal dan sangat dikenang, maka anaknya akan diberi nama orang yang telah meninggal. Nama adalah ungkapan kasih dan hormat. Contoh seorang anak di ma'u yang lahir diberi nama MI LAKO. Ini memperlihatkan nenek (kakek) dr mi yg namanya Lako telah tiada. Ada keinginan untuk menghidupkan kembali kenangan dan kasih. Maka jadilah nama MI LAKO  untuk sang jabang bayi. Dan nama itu sendiri ternyata diberikan kepadanya ketika masih bayi. klu saya menginginkan nama ayah saya yang saya pakai. Sesungguhnya orang Nagekeo tidak mengenal nama Fam atau keluarga besar. Yang ada hanya nama pribadi  sebagai perwujudan kasih dan kenangan bagi yang telah tiada. Akhir-akhir ini nama orang tua semakin populer ditempatkan di belakang nama baptis sebagai nama kecil

Tidak ada komentar:

Pages

Template by : kendhin x-template.blogspot.com