WELCOME TO MY LIFE

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA,SEMOGA ANDA TEMUKAN YANG ANDA CARI,SAYA TIDAK BERMAKSUD MENGGURUI, MENUNTUN ATAU MERUBAH.. HNY INGIN BERBAGI, MENGGORES WARNA, MENGHAPUS LUKA..

19 Jul 2012

MOSALAKI bukan PANGKAT


MosaLaki bukan pangkat tetapi peran seorang dalam masyarakat.  Seorang disebut mosaLaki bukan karena usia atau pendidikan serta gelar. MosaLaki adalah sebuah karisma berupa kemampuan-kemampuan istimewa sehingga nampak bijak dalam kata dan laku.  Ketika berbicara orang mendengarkan dan ketika mengungkapkan pendapat dan sikap dijadikan pegangan. Dia memang jadi tempat orang memanut karena  panjang akal dan juga besar kesabarannya.

Tuka mere kabu kapa  (usus besar dilingkari  lapisan lemak) adalah sifat yang dimiliki oleh seorang mosaLaki yang bijak.  Dalam berbagai pertemuan adat, mosaLaki menjadi pemuka dan pendengar yang bijak atas segala macam persoalan masyarakat.  Berbagai suara sumbang yang sering menimbulkan masalah seorang mosaLaki menanggapinya dengan dingin dan berusaha mencari solusi menenangkan dan menyenangkan semua pihak. Kesabaran yang luar biasa dan kebijaksanaan dalam mengambil keputusan  yang membuat seorang mosaLaki memiliki tuka mere kambu kapa.  Tuka mere (perut besar) yang membuat dia mampu menelan segala makanan termasuk yang pahit dan pedas. Kambu kapa (lapisan lemak) yang menjaga agar tubuh tetap hangat dan kuat menahan lapar  dan kekurangan. siap menghadapi semua masalah.

Tidak ada komentar:

Pages

Template by : kendhin x-template.blogspot.com