WELCOME TO MY LIFE

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA,SEMOGA ANDA TEMUKAN YANG ANDA CARI,SAYA TIDAK BERMAKSUD MENGGURUI, MENUNTUN ATAU MERUBAH.. HNY INGIN BERBAGI, MENGGORES WARNA, MENGHAPUS LUKA..

25 Jul 2012

MELIHAT PERUNTUNGAN DARI HATI BABI ADAT MAUPONGGO


Ketika dikampung, keluarga saya yang baru saja menikah dan pindah ke rumah mertua datang lagi ke rumah orang tuanya, yaitu rumah dikampung kami (boloroga).. Pada saat pengatin wanita telah menikah dan diselesaikan segala urusan mas kawin, keluarga pengantin laki2 akan membawa serta pengantin puteri. Pihak keluarga wanita akan mengiringi kepergiannya dengan membawa babi dan sarung serta beberapa barang yang dianggap perlu dibawa.  Pada saat rombongan tiba di keluarga pengatin laki2, akan diadakan jamuan khusus. Biasanya semua tamu menginap semalam. Ketika akan kembali semua penghantar diberi penghargaan. Pemberian berupa  emas, hewan atau uang diberikan kepada setiap orang. Uang biasa diberikan kepada anak-anak.
Pada acara-acara adat seperti membangun rumah (wake sa’o), upacara anak bayi turun tanah (dhodho ana), biasa ada babi disembelih untuk perjamuan. Hati babi diambil secara hati-hati agar tidak cedera. Dan ada orang yang membaca dari urat-urat di hati babi tersebut, Nasib baik dan buruk dapat dilihat dari guratan hati. Tidak semua orang memahami bahasa hati apalagi bahasa hati babi... aneh memang sedikit mistis,, tidak masuk akal karena tidak dapat dibuktikan secara ilmiah dan bisa saja disebut tahayul untuk sebagian orang tertentu tapi tidak untuk orang mauponggo,,,

1 komentar:

agaz mengatakan...

Kae,,,,Request Etu Wulu,dengan Dawi Dero sama Bhea Bha...........thanks

Pages

Template by : kendhin x-template.blogspot.com