WELCOME TO MY LIFE

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA,SEMOGA ANDA TEMUKAN YANG ANDA CARI,SAYA TIDAK BERMAKSUD MENGGURUI, MENUNTUN ATAU MERUBAH.. HNY INGIN BERBAGI, MENGGORES WARNA, MENGHAPUS LUKA..

19 Jul 2012

MAKIAN TANDA PERSAUDARAAN (KA'E ARI) dalam BUDAYA ADAT MAUPONGGO


DIkupang sekarang pkul 22.00 WIB artinya di Flores jg jam menunjukan posisi yg sama pukul 22.00 karena tdk ada perbedan waktu.. sy termasuk orng yg kecanduan internet,, terasa ada yg kurang bila sehari saja tidak OL (exis,narsiz dan palah sebutan2 gaul jaman sekarang) dan yg nama OL tdk terlepas dr yg namanya facebook.com..

sy jg sering menghabiskan banyak waktu bersama simuka buku ini.. banyak hal mulai dr berlangganan artikel sampe bertemu teman lama,, yg kita hampir lupa (tks facebook, tks mark,,) di facebook sy bnyak melakukan aktifitas maya, nulis status,berbagi artikel, dan banyak lg.. barbicara soal nulis status..saya pernah menuliskan sebuah status dan tiba-tiba munculah komentar berbau porno dan sy hny menanggapi dng tersenyum..

Orang yg berkomentar itu langsung mengeluarkan kata-kata miring menyangkut anggota tubuh terlarang. Dan saya secara bergurau mengatakan “kurang ajar” tidak menghormati orang lebih tua dan dituakan sebagai om. Dan dia semakin menyerempet bagian sensitif tubuhku. .  Itu tanda bahwa hubungan kami adik kakak dalam suku..

“Kau mere ko. Mai ngo'o ko kau a ndeka”. Lebih parah lagi.
Dan demikian juga di kampungku.
Ada orang yang lebih tua tiba-tiba berusaha menyentuh bagian terlarang kita. Jangan kaget walaupun si gatal tangan itu berusia lebih tua, walaupun tdk secara langsung dia hanya ingin katakan jangan panggil aku bapa/om, aku melakukan ini karena kita bersaudara (kau ne nga'o ka'e ari)..

sy sedikit terganggu krn ini berlaku untuk pria dan wanita,, bukankan lebih sopan antara pria dng pria.. dan wanita dng wanita saja... tp apalah daya...ini sudah tradisi.. peninggalan leluhur yg harus dijaga..

molo....

Tidak ada komentar:

Pages

Template by : kendhin x-template.blogspot.com