WELCOME TO MY LIFE

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA,SEMOGA ANDA TEMUKAN YANG ANDA CARI,SAYA TIDAK BERMAKSUD MENGGURUI, MENUNTUN ATAU MERUBAH.. HNY INGIN BERBAGI, MENGGORES WARNA, MENGHAPUS LUKA..

11 Sep 2012

ORANG-ORANG YANG TERLIBAT DALAM PEMBUATAN PEO



Dalam pelaksanaan upacara pembuatan Peo ini banyak orang yang turut terlibat di antaranya adalah sebagai berikut ini:
            Ketua Adat, yakni salah satu ketua suku yang dipercayakan oleh suku-suku yang ada sebagai pemimpin atau orang yang memandu seluruh rangkaian upacara tersebut. Orang ini dinamakan, “ Taa Wuku Bhuku Enga Dewa”,  artinya sebagai penginisiatif dan yang menjadi pengambil kebijakan-kebijakan. Orang ini jugalah yang mempunyai hak untuk memutuskan segala sesuatu yang berhubungan dengan urusan adat yang ada di bawah naungan kekuasaannya.
                                    Ketua-ketua Suku
Mereka adalah ketua atau yang dituakan dari masing-masing suku untuk mendukung dan membantu Ketua Adat dalam urusan-urusan adat dan juga sebagai penentu kebijakan-kebijakan adat yang telah ditetapkan oleh Ketua Adat.
Ana Susu
Ana susu adalah pembantu ketua-ketua suku dalam kegiatan apa saja yang menyangkut upacara pembuatan Peo. Salah satu “Ana Susu” ditunjuk untuk membantu ketua adat dalam berbagai hal. Ia seperti ajudan atau pelayan bagi seorang ketua adat.
Anggota suku atau “ Kae Ari Sa’o Teda
Mereka adalah tenaga-tenaga produktif dan pendukung utama terselenggaranya dan terselesainya upacara pembuatan Peo ini. Banyak hal yang harus mereka korbankan: waktu, tenaga, uang dan barang-barang material lainnya. Dari mereka dituntut kerja sama dan pengorbanan tanpa pamrih. Mereka harus dengan tulus mendukung terselesainya suatu upacara adat.
Ine Weta, Ane Ana yakni saudara-saudari dan anak-anak yang diundang secara khusus untuk sama-sama berkumpul dan bekerja sama dalam rumah induk atau rumah ketua suku, dengan harapan mereka dapat membantu terlaksananya upacara pembuatan Peo ini.
            Simpatisan atau “Minda Woe, Kae Ari”, yakni mereka yang cuma kita kenal di jalan, yang datang menonton dan sambil mengambil bagian dalam hal-hal tertentu, misalnya dalam tarian dan sebagainya, pada saat upacara ini sedang berjalan. Mereka ini pula yang sering menyumbang sesuatu demi kesuksesan upacara serimonial ini.

Tidak ada komentar:

Pages

Template by : kendhin x-template.blogspot.com